Hanya Opini Hendri : Kehilangan Data “Oh My God”


“hen bantuin gw donk, hardisk gw ke format, padahal disana ada tugas penting”
“tenang gw bantuin, mudah-mudahan bisa”

Percakapan itu terjadi tepat tepat dua hari lalu, serem memang jika hard disk tiba-tiba ada gangguan. Bahkan data-data penting untuk mata kuliah harus segera dikumpulkan. Memang menjadi seorang mahasiswa rasanya sulit untuk lepas dari dunia computer, bahkan tugas dari dosen diwajibkan untuk diketik. Jangankan untuk tugas, bahkan setiap hari rasanya kita harus berhadapan dengan “mesin pintar” untuk berbagai urusan. Bagi anaksastra jelas hal ini diperlukan untuk menuliskan karyanya dan menyimpannya


Tetapi bagaimana jika data-data yang sudah kita kumpulkan ternyata hilang, yang diakibatkan , misalkan window korup, terkena virus yang ujung-ujungnya harus diformat.
Bahkan menurut sebuah polling yang dilakukan produsen hard disk ternama MAXTOR di pameran Broadcast Internasional (IFA) di Berlin, 73% responden mengaku pernah kehilangan data penting. Sementara itu 47% pengguna pribadi tidak memback-up data secara teratur. Kawan-kawan mungkin salah satunya.
Tenang Saja, disini penulis akan mencoba membantu kawan-kawan. Ada beberapa tips yang harus diperhatikan.
1. Sebaiknya data penting di back-up secara berkala, misalkan data kawan-kawan di back-up ke cd atau flasdisk. Hal ini untuk mengurangi resiko kelihangan data.
2. Untuk antisipasi instalah 2 sistem operasi sekaligus, misalkan kawan-kawan install win ME dan win XP atau Win Vista dan XP. Hal ini diperlukan untuk mengantisifasi jika salah satu system operasi mengalami kerusakan(Corrupt). Jadi kawan-kawan masih bisa menyelamatkan data tanpa perlu format ulang.
3. Jika hanya mengistal satu sistem operasi, JANGAN pernah menyimpan data di MY DOCUMENT, why? Karena kalau kawan-kawan melakukan itu kemudian system operasi anda mau diinstal ulang, saya jamin datanya akan hilang, sebaiknya simpan disebuah directori khusus dalam sebuah partisi. Hal ini akan memperkecil kehilangan data.
4. Jika memang hardisk anda tidak mau diformat, mintalah bantuan teman anda untuk melakukan sharing hardisk. Hal ini cukup efektip dalam menyelamatkan data.
5. FORMAT!!!!, itu dilakukan jika pilihan kedua sampai keempat tidak bisa dilakukan. Tapi jangan panik data anda tidak akan kembali, berterimakasihlah kepada pembuat software pengembali “arwah” yang sangat ampuh. Penulis pernah menguji beberapa software dan 80% data kembali, walaupun sudah di format. Bahkan jika Hardisk Kawan-kawan diformat berulang-ulang. Berikut rincian software “pemanggil Arwah Tersebut::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
a. Get Data Back NTFS-FAT System
Ini adalah software kesukaan penulis dalam urusan mengembalikan data. Jika di tanya seberapa besar kemampuan software ini, saya katakana mencapai 85%. Setelah Penulis mencoba software dengan mengembalikan hardisk 40 GB, dengan 2 partisi system FAT 32. Alhasil File berukuran 500 MB bisa dikembalikan. Dan untuk urusan mengembalikan file dokumen software ini bisa di andalkan. Kelemahan software ini adalah kurang kinerja bila harus mengembalikan file audio dan gambar, serta kurang cocok jika digunakan untuk mengembalikan pada flasdisk(FDD).
b. Stellar Phoenix
Kemampuan software ini juga bisa diharapkan dengan berbagai pilihan “option” dan settingan, software ini memiliki kelebihan tersendiri. Bahkan untuk urusan mengembalikan data pada Flasdisk software ini jagonya.
c. PC Inspector File Recovery
Penulis pernah menguji software ini dengan berbagai masalah pada hardisk, tetapi hasilnya kurang memuaskan. Kalau saya boleh katakana lebih baik pilih software poin a dan b.

Mudah-mudahan apa yang penulis buat ini dapat bermanfaat buat kawan-kawan, dan diharapkan adanya dikusi dalam masalah ini. Salam Penulis …….Hen’s Pro

Penulis bukan merupakan pakar IT, hanya seorang “Lamer” yang merindukan solusi

3 komentar:

pcsolotto mengatakan...

Yuts, daw palagpat imo blog.

free lotto mengatakan...

I'm thankful with your blog it is very useful to me.

philippine lottery mengatakan...

wala pulos imo blog.

Poskan Komentar

Terima kasih sudah bergabung bersama kami. Komunitas Anak Sastra