Semantik : PERUBAHAN MAKNA


Perubahan makna dapat terjadi oleh beberapa faktor, antara lain:

Perkembangan bidang ilmu dan teknologi.
Misalnya kata berlayar dahulu mengandung makna ‘melakukan perjalanan dengan kapal atau perahu yang digerakkan tenaga layar’, tetapi untuk sekarang pun masih digunakan untuk menyebut perjalanan di air itu.

Perkembangan sosial budaya.
Misalnya kata sarjana dulu bermakna ‘orang cerdik pandai’; tetapi kini kata sarjana itu hanya bermakna ‘orang yang telah lulus dari perguruan tinggi’.
Perkembangan pemakaian kata.div class="fullpost">
Umpamanya, kata jurusan yang berasal dari bidang lalu lintas kini digunakan juga dalam bidang pendidikan dengan makna ;bidang studi, vak’.

Pertukaran tanggapan indra.
Misalnya, rasa pedas seharusnya ditanggapi dengan indra perasa lidah menjadi ditanggapi oleh alat pendengar telinga, seperti dalam ujaran kata-katanya sangat pedas.

Adanya asosiasii.
Maksudnya adalah adanya hubungan antar sebuah bentuk ujaran dengan sesuatu yang lain yang berkenaan dengan bentuk ujaran tersebut. Misalnya, kata amplop. Makna amplop sebenarnya adalah ‘sampul surat’. Tetapi dalam kalimat supaya urusan cepat beres, beri saja amplop, amplop itu bermakna ‘uang sogok’.

Perubahan makna kata ada beberapa macam, yaitu:

Perubahan makna kata meluas. Umpamanya, kata baju pada mulanya hanya bermakna ‘pakaian sebelah atas dari pinggang sampai ke bahu’ seperti pada kata baju batik; namun baju juga dapat bermakna berbeda bila yang dimaksud baju seragam yang meliputi celana, sepatu, dasi, dan topi.

Perubahan makna kata menyempit. Misalnya kata sarjana dulu bermakna ‘orang cerdik pandai’; tetapi kini hanya bermakna ‘orang yang telah lulus dari perguruan tinggi’.
Perubahan makna secara total. Umpamanya, kata ceramah dulu bermakna ‘cerewet, banyak cakap’, sekarang bermakna ‘uraian mengenai suatu hal di muka orang banyak’.

3 komentar:

ega mengatakan...

tulisan ini membantu buat nambah referensi mata kuliah linguistik. trims

Misra mengatakan...

Makasi postingan, ni lagi di suruh nyari materi tentang ini

Amar Fasyni mengatakan...

nice info gan,,
sangat bermanfaat,,
mampir k blog ane jga y,,
amarfasyni.blogspot.com

Poskan Komentar

Terima kasih sudah bergabung bersama kami. Komunitas Anak Sastra