Menginstall Window Vista dan XP Dalam Satu Komputer



Oleh : Hendri R.H

Tepat beberapa hari yang lalu penulis hendak memainkan game CRISYS, Game tersebut merupakan Game pertama yang memerlukan dukungan direct 10 untuk memainkan settingan tertinggi, terutama untuk memuncul segala efek dalam permaian. Awalnya saya install di Windows XP namun setelah menggunakan setingan tertinggi ia malah meminta saya untuk merekomendasikan direct 10. Direct 10 sendiri merupakan lanjutan dari direct 9.c yang merupakan versi final dari Windows XP. Sementara Windows Vista hadir dengan dukungan direct 10.

Masalah pun dimulai, teman saya merekomendasikan untuk menginstall Windows Vista, saya waktu itu agak kebingungan, bisakah Windows Vista dan XP diinstall dalam satu PC. Awalnya mencoba dengan mengisntal Vista semua berjalan lancar, semua proses installasi berjalan sesuai dengan harapan, dan akhirnya Windows Vista pun jadi. Namun ketika melakukan proses booting saya terkejut kemana Windows XP yang telah saya install, yang ada hanya Windows Vista.

Sedikit flasback kebelakang, jika kita hendak menjadikan dual boot Windows XP dan Windows 2000 dalam satu PC, tidak akan menimbulkan masalah. Malah penggunaan dual sistem tersebut akan menguntungkan kita manakala satu sistem mengalami kesusakan atau crash, satu sistem lainnya masih bisa diandalkan. Microsoft dalam situs resminya mengatakan Windows XP dan Windows 2000 menggunakan sistem boot manager yang sama sehingga apabila anda menginstall dua sistem tersebut tidak akan menemukan masalah berarti.


Namun, hal itu tidak berlaku dengan Windows Vista. Windows yang hadir dengan berbagai kontroversi tersebut, justru berbeda dalam menggunakan sistem boot manager, sehingga jika anda menginstall dua sistem tersebut akan mengalami masalah. Misalnya pada waktu awal anda telah menginstall Windows XP di PC anda, namun ketika anda menginstall Windows Vista baru (di partisi berbeda tentunya), saya yakin yang terbaca hanyalah Windows Vista dan Windows XP tidak akan terbaca sama sekali.

Memang ada beberapa orang yang kurang suka dengan kehadiran Windows Vista, sehingga akhir-akhir ini malah banyak user yang menggunakan Windows XP dibandingkan Windows Vista. Ujung-ujungnya Paman Bill Gates, merespon aksi tersebut dengan merilis Windows versi terbaru yaitu Windows 7. Jika anda tidak percaya, coba anda luangkan waktu ke BEC, atau tempat komputer lainnya. Bandingkan harga asli Vista dan XP yang cukup jauh, XP dibandrol dengan 1,5 juta sementara Vista Edisi Businees dibandrol dengan harga 1 jutaan.

Selain itu segi fungsionalitas patut dipertimbangkan, inilah alasan saya menggunakan dua sistem sekaligus dalam satu komputer.
1. Windows XP merupakan sistem operasi yang stabil, menggunakan sistem operasi ini tidak diperlukan spesifikasi komputer yang terlalu besar, bandingkan dengan Vista, PC anda harus mempunyai spek yang cukup tinggi. Dari mulai RAM sampai dukungan Video Card untuk memaksimalkan fungsi Aero Vista.
2. Jika anda hendak memainkan game keluaran 2007 ke bawah dengan dukungan shader memory standar, lebih baik anda menggunakan Windows XP. Tetapi jika anda hendak memainkan game dengan Shader Memory 3.0 dengan dukungan direct 10, lebih baik anda menggunakan Vista, misalnya game Crisys, Assasin Creed, GTA 4 dll.
3. Sistem keamanan Windows Vista merupukan sistem keamana terbaik, terbukti dengan adanya sistem Windows Defender, sehingga ketika menggunakan internet saya selalu menggunakan Vista dibanding XP.
4. Untuk pengguna dengan mobilitas tinggi (Laptop), saya menggunakan Windows Vista. Vista hadir dengan power Management yang lebih baik dari pada XP. Saya sendiri Online UPInet, jika menggunakan XP hanya 2 jam, tetapi jika menggunakan Vista akan menghemat battrei sampai 2,5 jam. Lumayan kan?
5. Ini yang terakhir, segi eksistensi dan gengsi, kenapa? Sepertinya malu juga jika kita mempunyai komputer dengan spesifikasi high atau laptop keluaran baru, tatapi malah menggunakan sistem Operasi yang jadul.

Nah itu lah alasan saya menggunakan dua sistem sekaligus, tetapi hal itu terserah anda. Dibawah ini saya akan jelaskan cara menginstall Vista di komputer anda.

1. Siapkan CD/DVD Vista dan XP.
2. Komputer anda harus mempunyai spect minimal Vista. Terutama RAM minimal 512, tetapi saya rekomendasikan 1 GB untuk kenyamanan.
3. Download program Vista Boot Pro di situs http://en.kioskea.net/telecharger/telechargement-126-Vista-boot-pro atau download disini. Terima kasih buat softpedia.com untuk trik ini.
4. Hardisk anda harus mempunyai 2 partisi, partisi pertama untuk Vista minimal 25 GB, sedangkan pastisi kedua minimal 10 GB.
5. Installah Vista dalam partisi C, setelah anda install lakukan restar. (Tutorial install Vista banyak google, tetapi jika anda menginginkan saya menulisnya, silahkan isi di komentar.
6. Setelah anda mengintal Vista, langkah selanjutnya adalah mengistal XP, installah dalam partisi D. Setelah anda install, lakukan restar ulang.
7. Jangan panik yang terlihat justru Windows XP, lalu mana Windows Vistanya, Tenang Installlah Program Vista Boor Pro.
8. Setalah Anda Install, masuk ke menu Diagnostics, jalankan Run Diagnostics.
9. Setelah menjalankan menu tersebut, program ini akan menginformasikan bahwa di komputer anda telah terpasang Vista dan XP. Ia kemudian akan menulis sebuah bott manager.
10. Masuk ke menu Manage OS Entris, jika terindikasi ada 2 sistem operasi, maka langkah anda untuk memasang dua sistem operasi telah berhasil. Program ini merupakan freeware, jadi anda bebas menggunakannya, dibandingkan dengan program lainnya yang berbayar sampai 100 dollar, program ini patut dicoba. Bahkan penulis sempat mencoba 3 sistem operasi XP, Vista, dan 2000 dan semua berhasil.

Sekian tulisan kali ini, mungkin kawan-kawan heran kenapa anaksastra menerbitkan artikel teknologi bukan bahasa atau sastra. Ini merupakan keinginan penulis sendiri . terutama basic sebelumnya adalah berkecimpung di dalam teknologi, bukan bahasa dan sastra. Namun kedepan saya akan berkarya lagi. Di tunggu komentarnya.

18 komentar:

Ronaldo Rozalino mengatakan...

Nice Artikel sobat

henscyber mengatakan...

sama-sama terima kasih

ivenx oy'z mengatakan...

mantab infonya sob...
success...

Anonim mengatakan...

wawa artikel yang bagu, saya coba dulu nih

andri mengatakan...

makasih tipsnya, nyari-nyari di mbah google, eh ketemu disini. salam kenal

Anonim mengatakan...

anak sastra hebat juga ye...pade jago komputer... jangan2 dulu salah pilih jurusan...he..

henscyber mengatakan...

makasih semua yang udah komen, saya tunggu komentarnya di artikel lain

BANTU YE mengatakan...

bisa bantu ga ko gw pas masuk kan ada bacaan welcome terus agak lama eh terus cuma gamvar hitam dan ada bacaan this copy of windows is not genuine
kayanya ke update ni tapi pengen gw uninstal ga bisa masuk ke dekstop please bantuin donk


gw pake windows VISTA

THX

Anonim mengatakan...

wah hebat

Anonim mengatakan...

well ^^

anaksastra mengatakan...

Bantu Yee

ada 3 alternatif
1.instal ulang
2. gunakan program hack vista, banyak di internet, tapi hati2 banyak juga yang boongan tau menysipkan spyware, coba cari pake torrent namanya oem logo vista.
3.jangan jalankan update otomatis klo browsing di internet

Anonim mengatakan...

thanks broooooooo.gw mau main seal di vista ga bs.....untung ada artikel ini

henscyber mengatakan...

anonim@ sama-sama

Wujdan-SONI mengatakan...

trus gmana caranya kalo offìce 2003 dgn office 2007 diinstal skaligus dalam satu leptop?, bisa ngga'?

henscyber mengatakan...

wujdan@pada dasarnya memasang satu program saja udah cukup. office 2007 merupakan kelanjutan dari proyek pengembangan keluarga office yang sebelumnya office 2003. saya sarankan untuk memakai office 2007 (sekarang saya memakai office 2010).

ediyusuf mengatakan...

gmn cara ngembaliinnya k vista lagi? ada perintahnya gak pas kita nghidupin pc prtama kali?

DYTA COMPUTER mengatakan...

Terimakasih banyak bozzz...
aku jadi terbantu ni berkat tutorialnya...
Semoga tambah maju untuk anaksastra

Anonim mengatakan...

gan saya komputer ane udah diinstal win XP sp3 nh, klo di tambhin vista gimana caranya..
tkutnya win xpnya gak ada lagi..

tolong gan...

Posting Komentar

Terima kasih sudah bergabung bersama kami. Komunitas Anak Sastra