Panduan Membeli Buku Online



Tips Membeli Buku Online

Oleh : Hendri R.H

Suatu hari saya mendapat kiriman e-mail dari salah satu penjual buku online. Isinya menginformasikan mengenai promosi penjualan buku secara online, produsen ini malah mau memberikan 30% untuk setiap buku yang dipesan pada hari itu juga. Setelah saya memutuskan untuk membeli salah satu buku karangan John Daniel Parera, saya terkejut. Ternyata biaya pengiriman sampai ke kota saya mencapai ¼ harga buku. Akhirnya saya tidak jadi membeli mengingat harga ongkir menggunakan layanan jasa antar barang telalu mahal.

Memang membeli buku secara online sama seperti membeli kucing dalam karung, kalau kita tidak teliti dan hati-hati dalam membeli, ujung-ujungnya anda akan merasa menyesal. Tentu saja hal ini berbeda dengan jika anda membeli buku secara langsung, anda menawar, anda memilih, dan anda bawa pulang. Bayangkan jika barang yang kita terima tidak sesuai dengan keinginan, misalnya barang rusak atau cacat, mau kemana kita akan mengadu?

Jika ditinjau dari efesiensi, buku online membuat anda merasa nyaman, anda tidak perlu capek-capek untuk pergi ketoko buku (kalau saya suka ke palasari), atau bahkan anda harus bertanya

kepada penjual buku yang anda beli. Sedangkan membeli buku secara online setidaknya kita tidak akan dihadapkan pada masalah tersebut, anda tinggal memesan barang, dan akhirnya baranga akan langsung diantar ke rumah. Selain itu anda bisa melihat katalog buku secara menyeluruh, dari mulai pengarang, halaman, sampul, bahkan beberapa layanan toko buku online menyediakan resensi dari setiap buku yang ada di katalog.

Secara bentuk dan pelayanan toko buku online dapat dibedakan menjadi dua, pertama toko buku yang menyediakan buku sebenarnya, artinya buku yang anda pesan sesuai dengan buku yang aslinya. Kedua, adalah toko buku online yang menyediakan format digital, misalnya menggunakan file digibook, sehingga buku yang anda terima hanya berupa file elektronik yang tentunya hanya bisa dibaca di komputer.
Nah, berikut beberapa tips untuk memandu anda membeli buku secara online.

1. Pertimbangkan efesiensi antara membeli buku secara langsung ataupun secara online, jika sekiranya ada titik keuntungan di salah satu cara, pergunakanlah cara tersebut, online atau offline. Selain itu pertimbangkan juga membeli buku fisik dan elektronik.

2. Carilah buku online yang memberikan diskon untuk setiap pembelian buku, anda harus ingat bahwa penyedia buku online bak jamur di musim hujan, sehingga tentunya akan ada persaingan, manfaatkalah hal tersebut.

3. Pertimbangkan ongkos kirim yang diterapkan oleh penyedia buku online, misalnya anda berdomisili di bandung, jangan memesan buku dari Surabaya, usahakan cari toko buku online yang dekat dengan domisili anda, sehingga pengeluaran biaya bisa ditekan.

4. Cari informasi lebih lajut mengenai setiap penyedia buku online, kunjungi forum-forum diskusi untuk memastikan bahwa toko buku online yang anda pilih benar-benar berkualitas, baik dari segi pelayan, maupun manajemennya.

5. Pastikan bahwa toko buku tersebut memberikan garansi dan tentunya pelayan jika seandainya ada masalah dengan buku yang anda pesan.


6. Untuk tahap pertama, cobalah membeli satu buku, jangan membeli buku dengan jumlah banyak, disaat anda tidak pernah melakukan transaksi sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kerugian atau adanya masalah.

7. Perhatikan cara pembayaran yang anda lakukan, sebaiknya tidak melakukan transaksi online dengan menggunakan kartu kredit. Usahakan anda menggunakan pihak ketiga misalnya Paypal, Alertpay, E-gold. Hal dilakukan untuk meminmalisir pencurian identitas oleh para hacker.

8. Beberapa layanan buku menyediakan pembayaran buku ditempat, artinya ketika buku anda sampai dirumah anda bisa membayarnya kepada petugas jasa pengriman. Sebaiknya anda menggunakan layanan tersebut.

9. Jika sekiranya pelayanan nomor 7 tidak memungkinkan, ada baiknya anda perhatikan cara pembayran online, hati-hari dengan para hacher.

10. Lihat keamanan dari situs tersebut, jika seandainya menggunakan web link dengan https// (lihat di address bar, s berarti secure) maka bisa dipastikan situs tersebut aman. Jika anda mendapatkan web link dengan http// gunakan perlindungan antivirus dan firewall yang kuat, saya merekomendasikan kaspersky karena tersedia virtual keyboard yang memungkinkan hacker tidak bisa melakukan key logging.(maaf saya bukan promosi antivirus, hanya sekedar contoh, semua tergantung anda).

11. Simpan bukti transfer yang anda dapatkan, biasanya anda akan mendapat suatu serial number identitas pembelian, simpan baik-baik.

12. Terakhir bacalah buku anda baik-baik, jangan membei tapi tidak dibaca(hehehe).

Sekian dulu tips dan pandunnya semoga bermanfaat, panduan di atas bisa juga digunakan untuk membeli barang secara online. Untuk daftar situs penyedia buku online ada baiknya anda cari di mbah google, sengaja saya tidak posting, nanti dikira promosi. Akhir kata saya ucapkan terima kasih telah membacaa artikel ini, saya tunggu komentarnya, salam anak sastra.

4 komentar:

henscyber mengatakan...

.

pelangi anak mengatakan...

Trim for tips-nya dan salam kenal yah!
have a great day!

Ridwan mengatakan...

Betul, saya pernah dikecewakan bukabuku.com. Beberapa buku yang diterima cacat, bahkan ada 1 buku yang tidak pernah saya terima dengan alasan tidak ada stok. Ketika dilaporkan, buku yang rusak bisa dikembalikan, buku yang tidak ada bisa diganti buku yang lain. Kenyataannya, bohooooong.

Falahy mengatakan...

menarik sekali tips dan informasinya semoga bermanfaat.

saya juga punya info tentang TOA di blog saya.

Poskan Komentar

Terima kasih sudah bergabung bersama kami. Komunitas Anak Sastra